12 March 2018

Wedding Preparation #Part 1

Halo para capeng! pasti lagi sibuk blogwalking ya untuk cari referensi, hehe. Literally, itu hal pertama yang saya lakuin pas mulai mempersiapkan segala hal untuk acara wedding nanti. Daaan di luar sana udah banyaaaaak banget para capeng yang nge-review persiapan mereka, mulai dari vendor catering, busana, WO, venue dan lain sebagainya. So, where we do start first yaa? hmmm

1. Venue
Oke, kayaknya sebelum venue, saya sama suami (ihiiir, ko malu sendiri ya ngetiknya) udah galau duluan nentuin tanggal. Duh, baru mulai ko udah galau hehe. Ini lumayan lama nentuin tanggal fixnya, karena setelah berkali-kali nentuin tanggal eh sasaran venue nya udah full book duluan. Akhirnya sekalinya nentuin tanggal lagi dan ternyata kosong, langsung DP ga pake lama. And now, saya bakal bahas satu per satu venue yang jadi inceran saya kemarin. Semuanya berlokasi di Jakarta Selatan, karena kita emang ngincer cuma sekitaran situ.

a. Palma One, Kuningan 

source: google.com
 
Ini reviewnya over all bagus dan kalau diliat dari foto emang ballroom palma one ini 'wah' banget. warnanya didominasi gold dan merah, kesannya mewah dan classic. Kebetulan tema nikah kita emang bernuansa gold, jadi pas banget yaa. Pertama kali liat fotonya, ini udah jadi inceran kita. Palma one ini udah ada paketannya juga, jadi kalian gausa ribet-ribet untuk cari vendor. Paket yang disediain juga lumayan lengkap dan harganya ga terlalu mahal. Ini nih yang bikin kita tertarik banget untuk ke Palma One. Plusnya lagi gedung ini full carpet! waktu pertama-tama nyari gedung saya masih ngotot pengen yang full carpet. Tapi eh tapi, minusnya adalah karena palma one ini adalah gedung perkantoran, jadi ballroomnya ada di lantai 5. It means, we should pass through all the office first before reach the venue. Setelah dipikir-pikir ini agak mengganggu sih dan kalau harus naik-naik lift dulu menurut kita ribet. Akhirnya dengan berat hati, ini dicoret dari list.

b. Balai Makarti, Kalibata

source: google.com

Yang kita suka dari Balai Makarti ini adalah, parkirannya luas, gedungnya ga terlalu besar tapi ga kecil juga. Pas lah untuk tamu undangan kita. Semuanya bernuansa kayu, lebih ke jawa-jawa an dan bentuknya mirip joglo. Kalau kalian mau nikah dengan adat Jawa, disini pas banget sih, Jawa nya dapet banget. Walaupun saya nikah dengan adat nasional, tapi gapapalah disini juga, masih masuk ko (*maksa). Kalau disini adanya harga sewa gedung aja alias bukan paketan. Harganya ga mahal sis, termasuk murah untuk di kawasan Jakarta Selatan. Makanya Balai Makarti ini masuk ke kategori kandidat kuat untuk venue acara kita (tadinya). Trus kenapa gajadi? karena, waktu itu saya dan suami kesana pas acara nikahan di siang hari. Kebetulan kita juga bakalan nikah di jam yang sama. Pas masuk ke dalem, guuys. panas banget! emang sih mereka nyiapin beberapa standing AC tapi dinginnya ga nyebar ke ruangan. Duh, ga kebayang deh. Apalagi saya orangnya gampang gerah pake banget. Dan gedung ini terlalu 'terbuka' menurut saya. emang jendelanya banyak dan ada pintu-pintu samping yang pada dibuka, mungkin itu yang bikin ACnya ga dingin ya. Dengan berat hati lagi, ini kembali dicoret dari list.

c. Gedung Cawang Kencana

 source:google.com

Kalau yang ini si suami yang kekeuh mau disini, sejujurnya saya kurang sreg waktu liat dari gambarnya. Tapi gada salahnya survey ke lokasi dulu ya ga demi menghilangkan rasa penasaran. Inget banget sih waktu itu selesai dari Balai Makarti, kita langsung cus ke Cawang Kencana. Sampai sana lagi ada acara pesta pernikahan yang malam. Oke ini gedung perkantoran juga, kalo dari basement ke lokasinya harus naik lift dan agak berkelok-kelok, untungnya si yang punya acara inisiatif untuk naro sejenis kertas penunjuk ke lokasi pengantin yang di tempel di dinding-dinding. Liftnya cuma 1 dan of course ngantri. Dan pas sampai, sesuai dengan bayangan saya. Jadi kalau kalian mau tau gedung cawang kencana ini dibuat bertingkat. Penerima tamu ada di lantai bawah, trus naik ke lantai 1/2 ada prasmanan dan beberapa gubug, naik lagi ke lantai 1 baru ada ruang pelaminannya. Well... plusnya adalah ruang pelaminannya full carpet dan dindingnya full curtain, cantik. Ditambah lagi acnya juga dingin. Tapi pelaminannya kecil, bahkan ruangannya juga kecil menurut kami. Padahal di gambar kelihatannya besar, hiks. Saya nengok ke arah suami sambil senyum dan bilang, "masih mau pake gedung ini?" akhirnya dia juga membatalkan niatnya (I win). Coret lagi dari list.

d. Dharma Wanita, Kuningan
Capek ya cyin nyari gedung. Dharma Wanita ini juga hasil dari blogwalking dan rekomendasi dari beberapa vendor catering. Kalau ini suami yang survey ke lokasi. Jadi saya cuma lihat dari foto dan cerita tentang gedungnya dari dia. Berhubung kita udah berkali-kali survey bareng akhirnya kriteria gedung idaman kita mulai setipe. Dan waktu lihat fotonya, respon saya cuma, "ko luas banget, bener harganya segitu?" Dharma Wanita ini juga masuk ke budget kita untuk harganya, disaat gedung-gedung lain berlomba dengan harga sewanya yang mahal, gedung ini muncul kayak ngasih kepastian (*lebay). ACnya dingin, ruangannya bagus (menurut kita) walau ga full carpet, terawat, luaaaaaas, strategis. Mungkin minus di parkirannya aja, tapi masih bisa dimaafkan. Ga pake lama, suami langsung booking di tanggal yang kita sepakatin. and DONE! finally gedung beres. ku terharu. 

nb: untuk pict gedung dharma wanita ini akan saya post di postingan selanjutnya


lanjut ke part 2 yaa, saya akan bahas catering dan vendor lainnya. Keep stalking :) 

3 comments:

  1. Hai boleh inta contact person gedung dharma wanita kuningan? thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, ini contactnya ya: Pak Budi (08569882585)
      sama-sama :)

      Delete
  2. Hai Putri,

    Terima kasih ya reviewnya sangat berguna, akhirnya aku juga langsung datang ke Balai Makarti untuk survey dan udah DP. karena takut kehabisan tanggal hehe.

    Sekalian mau sharing, siapatau ada yang berminat.
    Karena tertarik banget sama Balai Makarti, akhirnya kita DP gedung tsb untuk tanggal 19 Januari 2019 Malam. tapi, ternyata setelah diskusi lagi dengan kedua orang tua, mereka kurang setuju karena lokasinya yang jauh dari rumah ku dan calon suami.
    Jadi, kalo misalnya ada yang berminat untuk Over DP Balai Makarti tanggal 19 Januari 2019 Malam, bisa contack aku di iskandarkhairunnisa@gmail.com. terima kasih banyak ^^

    ReplyDelete