17 June 2018

My skincare routine during pregnancy

Halohaa, kali ini saya mau cerita sedikit kondisi kulit saya selama masa kehamilan. Jadi, memang kulit saya ini tipe yang acne prone dan berminyak terutama di daerah T-zone. Nah pas awal-awal kehamilan kemarin karena mungkin pengaruh hormon juga, kulit saya mengalami jerawat yang cukup parah, bukan cuma di daerah yang berminyak tapi di bagian kulit yang kering pun juga ikut jerawatan, padahal sebelum-belumnya ga pernah. Belum lagi kulit terasa kuseeeem banget. Sampe stress sendiri kalo ngaca, terlebih lagi memang sebelumnya saya terbiasa pakai cream dokter dan selama hamil saya harus stop walaupun katanya cream saya itu termasuk aman untuk bumil. Tapi tetep aja yaa, saya agak takut dan memutuskan untuk bener-bener stop dulu. Karena didiemin makin menjadi, saya mulai cari-cari skincare yang aman buat bumil dan gampang dicari di semacam watson, guardian, dll. Intinya memang dijual dipasaran. Setelah trial and error beberapa kali akhirnya saya menemukan beberapa skincare yang bisa menghempaskan jerawat-jerawat ini.

1. Aloe Vera Gel Nature Republic


This is my holy grail!!! ga ngerti lagi kenapa sebagus itu efeknya, jadi saya punya jerawat ditambah beruntusan yang cukup parah juga dan ga ilang-ilang! semenjak rutin pakai ini sebagai sleeping mask setiap malam, perlahan-lahan kulit saya membaik. ini terbaik sih, ditambah lagi isinya banyaaak jadi ga cepet abis. Selain itu saya ngerasa kulit saya juga lebih bright, seenggaknya ga sekusem waktu awal hamil dan of course kulit juga jadi lebih lembab. Bahagianya lagi, sekarang nature republic udah gampang dicari via offline store. Jadi gausa ribet mesen online kayak dulu lagi.


2. Apricot Scrub- Fresh Skin St.Ives


This is my second holy grail! eh, apa harusnya yang pertama ya? entahlah tapi produk ini works so damn well on my skin. Saya setakjub itu ternyata kulit saya bisa cocok sama produk counter. Jadi sebelum mencoba produk ini, kulit saya sudah membaik berkat aloe vera gel itu, tapiii beruntusan belum sepenuhnya hilang dan bekas jerawat juga masih banyak. Setelah di combine dengan pake ini selama 3-4 kali seminggu, my skin improved so fast! Guys, beruntusanku hilang. Bahkan beruntusan lama yang udah muncul dari awal hamil dan ga hilang-hilang akhirnya hilang! :') Bekas jerawat juga perlahan ikut memudar walaupun ga cepet yaa. Butiran scrubnya memang cukup terasa kalau di apply ke wajah, makanya pakainya pelan-pelan banget ga perlu effort. Me love it.


3. Garnier Oil Infused Cleansing Water


Biasanya saya pakai yang biru, dimana yang biru ini dikhususkan untuk kulit berjerawat. Saya udah lama pakai yang biru dari sebelum hamil dan hasilnya bagus-bagus aja sih at least ga bikin jerawatan. Tapi semenjak garnier ngeluarin varian baru yang oil-infused cleansing water ini, saya pun tergoda buat nyoba. Dan ternyata langsung jatuh cinta! wanginya bikin fresh dan amazingnya ini ga ninggalin minyak sama sekali di muka, padahal ada kandungan oilnya. Ini cukup bekerja dengan baik buat ngangkat sisa kotoran di muka, rasanya kalo bersihin muka pake ini tuh kayak langsung luntur semua kotoran tanpa perlu cuci muka lagi. Dan emang bener aja, saya jadi males cuci muka habis pakai ini hehe


4. Aloe Vera Mist Nature Republic


Awalnya, karena saya udah teracuni dengan aloe vera gelnya yang hits itu. Saya akhirnya berani untuk nyoba produk lainnya yang masih bertemakan aloe vera juga. Dan pilihan saya jatuh ke face spray nya. Ini nyegerin banget sih apalagi kalau siang terik, muka kayak udah lusuh selusuh-lusuhnya tinggal semprot ini langsung seger. Wanginya juga nyegerin banget persis sama kayak wangi gel nya. Pokoknya ini jadi produk wajib yang harus selalu dibawa kemana mana. Saya rutin pakai ini tiap pagi dan malam, juga di jam-jam lain kalau ngerasa muka udah kusem.


5. Chenoa Mask


Ini sih nemu di IG. Awalnya iseng pengen nyoba dan ternyata berakhir dengan saya repurchased sampai 4 kali. Ini masker terampuh yang pernah ada dan tentunya ramah di kantong yaa, kalo yang mahal banyak. Dulu saya cinta banget sama masker glamglow yang supermud, ini emang ngefek seketika yaa pori-pori mengecil, bekas jerawat memudar, jerawat juga jadi kering pokoknya ini bagus sih tapiiii...harganya emang suka bikin seret di kantong jadinya mau beli lagi pun mikir mikir. Setelah ada chenoa ini, saya pun langsung beralih ga pakai mikir. Uniknya dalam satu kemasan ini ada 10 sachet dimana masing-masing sachetnya ditulis untuk hari ganjil dan hari genap. Jadi, masker ini dipake selang seling. Untuk yang varian jerawat ini, masker di hari ganjilnya yang top banget. Setiap di pake ada efek tingling nya dan abis dibilas, komedo langsung luruh. Ini beneran terbukti, terutama di bagian hidung. Saya langsung notice hidung jadi halus banget dan bebas komedo. Amazing! Sementara masker hari genapnya lebih untuk nenangin kulitnya sih, Tetep amazing ko. Ini memang ga terlalu bisa menghilangkan bekas jerawat, karena chenoa ada varian yang brightening untuk mencerahkan. Dan saya juga udah nyoba! and it really works. Tapi tetep ku jatuh cinta dengan varian acne nya yang ampuh buat ngeringin jerawat saya selama hamil ini.


6. Sheet Mask


Kalau sheet mask sebenernya saya ganti-ganti sih sesuai kebutuhan kulit, tapi favorit saya tetep nature republic yang varian shea butter. Ini memberikan efek lebih cerah dalam sekali pakai. Biasanya saya pakai malam hari sebelum tidur, dan kalau lagi pakai sheet mask ini, semua rangkaian skincare lainnya saya skip dulu. Jadi cukup pakai sheet mask aja. Kalau waktu pemakaiannya juga suka-suka sih, ga nentu harus seminggu sekali atau beberapa hari sekali, bener-bener sesuai kebutuhan kulit aja, hehe. 


So far, keenam produk diatas yang berhasil menyelamatkan muka saya selama hamil. Kelima produk diatas akhirnya berhasil di kulit saya ketika sebelum-belumnya sempet makin parah karna nyoba beberapa produk lain. Salah satunya cetaphil, oh well why? ini salah satu produk hype yang cocok di kulit banyak orang, tapi di saya tidak sama sekali. Saya suka sama sabun mukanya yang kalau sehabis pakai itu ga bikin kulit kering kayak kebanyakan sabun muka, tapi malah bikin kulit makin lembab, Tapi sedihnya, beruntusan saya malah tambah parah. Dan dengan berat hati akhirnya saya ga lanjut pakai sabunnya. *sad story*

Mungkin itu aja yang bisa saya share, jadi sekarang sabun mukanya apa? saya pakai sabun apa aja yang ada di rumah, kadang laneige kadang sabun dokter juga masih suka saya pakai, kadang micellar water aja cukup ;) Ini selang-seling tapi ya dengan apricot scrub st.Ives. Sekian kisah perjalanan saya dalam menemukan skincare yang cocok selama hamil. Semoga membantu ya!

No comments:

Post a Comment